Sekilas Tentang Biji Bunga Matahari Dan Manfaatnya


Biji bunga matahari atau kuaci adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Dan hingga saat ini ada beberapa negara-negara yang menjadi produsen dari tanaman ini, seperti Argentina, Amerika Serikat, Cina dan juga Rusia. 

Biji bunga matahari atau yang lebih sering disebut dengan kuaci merupakan salah satu camilan yang menyehatkan. Camilan ini dapat kita jumpai di pasar tradisional ataupun supermarket dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain enak dan gurih, biji bunga matahari juga kaya akan kandungan vitamin serta nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalsium zat besi dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari kandungannya, biji bunga matahari memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Berikut adalah manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan:
1. Bermanfaat untuk perkembangan janin
Khasiat biji bunga matahari yang pertama adalah untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan. Hal ini dikarenakan biji bunga matahari adalah salah satu makanan yang kaya akan asam folat. Dalam 100 gram biji bunga matahari mengandung asam folat hingga 227 mg. Seperti yang Anda ketahui asam folat memiliki manfaat yang sangat penting bagi perkembangan janin, antara lain untuk sintesis DNA dan juga mencegah bayi lahir cacat dan premature.
Mengatasi stres
2. Menurut penulis buku Anti-aging Prescription, Dr. James E. Duke menyatakan bahwa biji bunga matahari dan jenis biji-bijian lainnya kaya akan triptopan dan juga asam amino non esensial yang akan dilepaskan setelah asupan karbohidrat serta yang berperan melepaskan hormon serotonin ke dalam darah. Hormon serotonin yang dilepaskan itulah yang dapat membuat perasaan dan hati Anda semakin tenang dan rileks. Sehingga hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengatasi stres serta depresi.

3. Menurunkan kolesterol
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal ofg Agricultural and Food Chemistry menyatakan bahwa kacangan-kacangan dan juga biji-bijian merupakan salah satu makanan yang kaya akan pitosterol, pitosterol sendiri adalah suatu zat yang berguna untuk membantu menurunkan kolesterol serta dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kanker.

4. Mencegah penyakit kardiovaskular
Khasiat biji bunga matahari selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan vitamin E pada biji bunga matahari merupakan antioksidan utama yang berguna untuk mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol. Sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung, stroke, penyumbatan pembuluh darah dan juga mengurangi resiko atherosclerosis.

5. Menjaga kesehatan tulang
Tahukah Anda biji bunga matahari merupakan sumber vitamin D? Sehingga mengonsumsi makanan ini secara teratur bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Selain vitamin D biji bunga matahari juga kaya akan magnesium yang berperan untuk menghasilkan energi serta menjaga tulang agar tetap sehat.

Kami adalah perusahaan yang berpusat di surabaya.dan berkembang di bidang IT khususnya di bidang jasa rental / sewa laptop,komputer,projector,screen,tv plasma/lcd/led dan peralatan elektronik lainnya. Kami siap support anda baik Personal / Perusahaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »