Google Pagerank adalah alat pembanding untuk mengukur arti dan
pentingnya sebuah halaman web di dunia internet. Google Page Rank (biasa
disebut PR) pada awalnya dikembangkan oleh Larry Page, co-owner Google,
algoritma Pagerank telah berubah selama bertahun-tahun seperti
kebanyakan algoritma Google lainnya, bahkan algoritma PR adalah rahasia
umum yang terjaga dengan baik.
Google PageRank dapat digunakan untuk melihat apakah sebuah halaman
memiliki otoritas atas isinya, semakin tinggi peringkat halaman maka
lebih tinggi kualitas dan otoritas dari halaman web lainya.
Sebuah
peringkat halaman dari 5 (PR 5) berarti bahwa halaman web memiliki suatu
pegangan yang kuat atas isi yang ada di dalamnya, sementara peringkat
halaman dari 2 berarti halaman itu hanya merupakan sumber informasi yang
biasa dan belum mempunyai kualitas yang tinggi dengan informasi yang
ada didalamnya, bagi web/blog yang masih baru biasanya belum mempunyai
pagerank (PR N/A).
Sebuah Google PageRank yang lebih tinggi pasti akan membantu anda dalam
SERP dan di-indeks lebih cepat, tetapi tidak selalu berarti bahwa
semakin tinggi peringkat halaman anda akan lebih baik pada hasil
pencarian.
Ada hal-hal lain yang masuk ke dalam perhitungan Google untuk
memutuskan halaman mana yang mendapatkan peringkat tinggi di search
engine. Sebuah Google Pagerank tinggi pasti akan membantu tapi itu bukan
segalanya untuk memutuskan web anda akan mendapatkan di posisi pertama
pada hasil pencarian.
Demikianlah yang dapat saya share dan semoga dapat bermanfaat.