Pengertian Ideologi

11.27

Pengertian ideologi diartikan sebagai suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam yang mempunyai dan dipegang oleh suatu masyarakat tentang bagaimana cara yang terbaik, yaitu baik secara moral dianggap benar dan dianggap adil, dimana mengatur tingkah laku mereka bersama dalam berbagai segi kehidupan duniawi mereka.

Akan tetapi dalam realitanya suatu masyarakat mempunyai berbagai macam kelompok kepentingan yang dilahirkan oleh adanya perbedaan-perbedaan sosial, ekonomi, agama dan lain sebagainya. 

Masing-masing dari kelompok sosial ini biasanya mempunyai pula pandangan atau sistem nilai tertentu yang mereka pegang sebagai landasan dalam usaha mereka untuk memajukan kepentingan-kepentingan mereka yang bersifat spesifik. Pandangan atau sistem nilai yang seperti ini mungkin dapat dianggap sebagai bagian dari ideologi.

Dimensi lain dari ideologi ialah lukisan tentang kemampuannya memeberikan harapan kepada berbagai kelompok atau golongan yang ada pada masyarakat untuk mempunyai kehidupan bersama secara lebih baik dan untuk membangun masa depan yang lebih cerah. 

Dimensi ini kemudian dapat disebut sebagai unsur idealisme dari ideologi. Dalam hal ini idealisme dapat dilihat sebagai motor penggerak yang membangkitkan hasrat anggota-anggota masyarakat untuk hidup bersama dan bersatu, menggairahkan partisipasi mereka ke dalam usaha-usaha bersama seperti pembangunan.

Terdapat pula hubungannya dengan kedua dimensi di atas ialah dimensi ketiga ideologi. Dimensi ideologi ini mencerminkan kemampuan secara ideologis dalam mempengaruhi dan sekaligus menyesuaikan diri dengan pertumbuhan dan perkembangan masyarakat. 

Mempengaruhi berarti mewarnai proses dari perkembangan tersebut, sedangkan menyesuaikan diri berarti bahwa masyarakat berhasil menemukan interprestasi-interprestasi baru terhadap nilai-nilai dasar atau pokok dari ideologi itu, sesuai dengan realita-realita yang muncul atau yang mereka hadapi. Nah, sekian dulu apa yang dapat saya share dan semoga dapat bermanfaat.

Kami adalah perusahaan yang berpusat di surabaya.dan berkembang di bidang IT khususnya di bidang jasa rental / sewa laptop,komputer,projector,screen,tv plasma/lcd/led dan peralatan elektronik lainnya. Kami siap support anda baik Personal / Perusahaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »