Trik Belajar Berenang Untuk Pemula

Ilustrasi Perempuan Yang Sedang Berenang
Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Berada didalam air bagi sebagian orang sangat menyenangkan. Berenang juga dapat membantu pertumbuhan badan untuk tumbuh lebih tinggi, khususnya pada masa-masa pertumbuhan.. Tapi mungkin juga bagi beberapa orang berada didalam air menjadi hal yang paling dihindari karena merasa belum bisa berenang.

Untuk dapat cepat bisa berenang, anda dapat belajar berenang dikolam yang dangkal atau anda dapat mencoba belajar berenang di pantai. Karena air laut memiliki daya apung yang tinggi sehingga anda lebih mudah mengapung dan belajar gerakan dasar berenang. Jika di kolam renang berair tawar anda akan membutuhkan tenaga yang besar untuk berusaha tetap mengapung.

Nah, berikut akan saya share beberapa langkah - langkah untuk belajar berenang :

1. Persiapan Aawal
Pertama, beberapa hal perlu temen-temen siapkan sebelum berenang, diantaranya:  pakaian renang agar mudah bergerak di dalam air, kacamata renang agar mata tidak iritasi, handuk untuk mengeringkan badan, sabun dan shampoo untuk bilas, krim kulit jika kulit temen-temen cukup sensitive dengan sinar matahari, dan bekal makanan kalau mau hemat.

2. Pemanasan
Kedua, terkadang kita sering mengabaikan pemanasan sebelum berenang. Padahal pemanasan sebelum berolahraga dapat menghindari kita kram atau cedera. Pemanasan yang bisa dilakukan sebelum berenang yaitu: lari-lari kecil mengitari kolam renang sebanyak 3 putaran, peregangan otot tangan, peregangan otot kaki, bahu, dan pinggul. Lakukan pemanasan sekitar 15 menit.

3. Latihan Pernafasan
Ketiga, Setelah cukup pemanasannya, kita bisa mulai masuk ke dalam kolam renang. Lalu mulailah dengan latihan pernafasan. 

Caranya tarik nafas di permukaan air, masukkan seluruh tubuh ke dalam air lalu buang nafas pelan-pelan di dalam air. Lalu muncul lagi ke permukaan. Tarik nafas lagi, lalu buang nafas lagi di dalam air pelan-pelan. Lakukan latihan pernafasan ini berulang kali. Sampai kira-kira kita cukup kuat ada di dalam air diatas 10 detik. 

4. Latihan Gerak Kaki
Keempat, latihan gerak kaki. Caranya kita berpegangan pada pembatas kolam renang lalu telungkupkan badan hingga kita mengambang di air. Sambil perpegangan, kita gerakkan kaki seperti gerak kaki katak. Yaitu kaki ditekuk seperti kita jongkok, lalu diluruskan. Tekuk kembali kaki, tendang, dan luruskan. Tekuk, tendang, luruskan. 

Lakukan berulang kali sampai kita terbiasa (tidak kaku). Setelah terbiasa, kombinasikan dengan latihan pernafasan yang sudah kita latih sebelumnya. Sambil berpegangan di pembatas kolam renang, lakukan latihan gerak kaki sambil tarik dan buang nafas di dalam kolam.

5. Latihan Meluncur
Kelima, setelah mulai mahir dengan gerakan kaki katak sambil atur pernafasan dalam air, saatnya latihan meluncur. Prinsipnya sama dengan latihan gerak kaki yang barusan kita latih, namun kini kita dibantu oleh papan luncur. 

Meluncurlah dari pinggir kolam menuju ke tengah dengan menggunakan papan luncur, lalu gerakkan kaki yang sebelumnya sudah dilatih. Tekuk, tendang, luruskan sambil atur pernafasan dalam air. Lakukan terus latihan ini hingga pergerakan kaki dan pernafasan lancar dan bisa meluncur dengan papan pada jarak yang cukup jauh.

6. Latihan Gerak Tangan
Keenam, kita bisa mamulai dengan latihan gerak tangan. Cara untuk melatih pergerakan tangan adalah luruskan tangan kedepan, tarik ke samping hingga lurus ke kanan dan kiri, lalu tarik hingga kedua tangan bersedekap di dada. Luruskan, samping, tengah. 

Lakukan latihan gerakkan tangan ini berulang kali hingga terbiasa. Setelah cukup mahir, mulailah meluncur tanpa papan luncur. Gerakkan tangan lurus, samping, tengah. Gerakkan kaki  tekuk, tendang, luruskan. Tarik nafas saat tangan di samping dan kaki menendang. 

Buang nafas saat tangan lurus ke depan dan kaki siap-siap menekuk. Tangan lurus, samping, tengah. Kaki tekuk, tendang, lurus. Dan Tarik nafas diluar air dan keluarkan di dalam air.

7. Latihan Keseluruhan
Ketujuh, setelah mulai harmoni gerakkan tangan, kaki, dan pernafasan, lakukan terus menerus. Lintasi lebar kolam yang jaraknya lebih pendek untuk melancarkan latihan. Terus lakukan latihan ini sampai benar-benar mahir. Setelah mahir dan pernafasan kita kuat, kita bisa mulai menelusuri panjang lintasan kolam renang yang panjangnya 50m.

Nah, itulah yang dapat saya share dan Semoga Bermanfaat!

Kami adalah perusahaan yang berpusat di surabaya.dan berkembang di bidang IT khususnya di bidang jasa rental / sewa laptop,komputer,projector,screen,tv plasma/lcd/led dan peralatan elektronik lainnya. Kami siap support anda baik Personal / Perusahaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »