Penyebab Hardisk Menjadi Rusak

Hardisk
Hardisk merupakan perangkat komputer yang bertugas sebagai media penyimpanan. Bisa dibilang hardisk merupakan perangkat keras yang tidak kalah penting dibandingkan dengan yang lainnya.

Sebagai perangkat keras komputer, harddisk juga bisa mengalami kerusakan. Oleh karenanya, alangkah baiknya jika kita bisa mencegah hal tersebut sedini mungkin.

Nah, Kali ini saya akan share tentang Penyebab Hardisk Menjadi Rusak :
1. Over Heat
Over heat atau panas berlebihan merupakasan salah satu penyebab hardisk rusak.  Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, jika harddisk merupakan perangkat yang mudah panas. Dan biasanya, semakin lama pemaikaian maka akan semakin pula harddisk tersebut. Solusi paling tepat adalah dengan menambahkan kipas pendingin khusus harddisk.

2. Benturan
Benturan juga bisa juga memicu kerusakan pada harddisk. Benturan yang dimaksud bisa berupa gesekan keras dengan benda lain, guncangan atau bisa juga diakibatkan karena terjatuh. Dengan demikian, Anda harus lebih berhati-hati melakukan sesuatu yang berhubungan dengan harddisk, entah itu memindahkan komputer, memindahkan harddisk, ataupun memasang harddisk ke komputer. Begitu juga ketika membawa laptop dalam tas, karena bisa saja menyebabkan terjadi benturan yang tidak disadari.

3. Sering melakukan instalasi
Seringnya melakukan install dan unistall pada komputer ataupun laptop juga bisa memicu kerusakan harddisk. Biasanya hal ini sering dilakukan bagi mereka yang baru mempelajari komputer. Rasa penasaran mereka yang membuat mereka lebih sering melakukan berbagai kegiatan installasi. Entah itu installasi sistem operasi maupun program-programnya. Jika hal ini terus dilakukan, biasanya harddisk akan mengalami bad sector, dan akan sangat sulit untuk memperbaikinya.

4. Penggunaan berlebihan
Penggunaan yang berlebih juga bisa menjadi penyebab harddisk cepat rusak. Bermain game, memutar video, mendengarkan musik, serta online dalam waktu yang lama akan menyebabkan bertambahnya perfoma yang dibutuhkan harddisk. Jika hal ini terus dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, besar kemungkinan kinerja harddisk tersebut akan melemah dan rusak.

5. Usia Hardisk
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika usia adalah penyebab harddisk rusak. Bahkan bukan hanya harddisk saja, setiap komponen elektronika pasti memiliki batas usia. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan terhadap hardisk agar memiliki masa yang lebih panjang dan awet.

Demikian yang dapat saya share tentang Penyebab Hardisk Menjadi Rusak dan Semoga Bermanfaat!

Kami adalah perusahaan yang berpusat di surabaya.dan berkembang di bidang IT khususnya di bidang jasa rental / sewa laptop,komputer,projector,screen,tv plasma/lcd/led dan peralatan elektronik lainnya. Kami siap support anda baik Personal / Perusahaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »