Pengertian Dari XAMPP

XAMPP
Kali ini akan saya bahas mengenai XAMPP, jika kalian tertarik untuk belajar PHP dan database menggunakan MYSQL pasti kalian akan mengenal apa itu XAMPP. Nah bagi yang belum tahu apa itu XAMPP maka di artikel ini akan dibahas mengenai pengertian XAMPP.
 
XAMPP merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang bebas (maksudnya open source) yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi. XAMPP merupakan kompilasi dari beberapa program.

XAMPP berfungsi sebagai server offline yang berdiri sendiri (seringkali disebut sebagai localhost). XAMPP terdiri dari beberapa program yaitu Apache HTTP Server, MYSQL Database, PHP, dan Pearl. 

Program ini dapat kalian download secara gratis karena tersedia dalam lisensi GNU (General Public License). XAMPP terkenal sebagai program web server (localhost) yang mudah digunakan alias user friendly.

Sebenarnya XAMPP adalah sebuah singkatan, berikut penjelasannya :

X, maksudnya program XAMPP dapat dijalankan alias kompatibel di berbagai sistem operas seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris. Tapi saya agak bingung juga kenapa jadi huruf X yah?

A, kepanjangan dari APACHE. Sekedar tahu saja Apache merupakan sebuah aplikasi web server yang bertugas untuk menghasilkan halaman web (menerjemahkan) kode PHP dan MySQL yang ditulis oleh web programmer 

M, singkatan dari program MySQL. MySQL adalah sebuah aplikasi database server, sedangkan SQL ( Structured Query Language) merupakan sebuah bahasa pemrograman terstruktur yang digunakan untuk mengolah database.

P, pertama adalah kepanjangan dari PHP. PHP sendiri merupakan sebuah bahasa pemrograman untuk membuat sebuah web yang sifatnya adalah server-side scripting. PHP akan memungkinkan kalian dalam membuat halaman web yang bersifat dinamis. Nah, Wordpress kan dinamis tuuh, mereka menggunakan PHP!

P, terkahir adalah kepanjangan dari Perl. Perl juga merupakan bahasa pemrograman. Haha Ribet yaahh banyak amat bahasa pemrogramannya!
 
Nah, Sekian yang dapat saya share tentang XAMPP dan Semoga Bermanfaaat!

Kami adalah perusahaan yang berpusat di surabaya.dan berkembang di bidang IT khususnya di bidang jasa rental / sewa laptop,komputer,projector,screen,tv plasma/lcd/led dan peralatan elektronik lainnya. Kami siap support anda baik Personal / Perusahaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »