Penyebab dan Trik Mengatasi Komputer Tiba Tiba Mati Sendiri


Apakah anda pernah saat mengerjakan tugas atau mungkin sedang santai bermain game tiba tiba komputer mati? Komputer tiba tiba mati dapat muncul dalam 2 sebab. Pertama adalah apabila tiba tiba mati dan sebelumnya ada peringatan, anda dapat mengetahui sumber masalahnya. Tetapi lain cerita apabila komputer tiba tiba mati sendiri begitu saja tanpa ada peringatan.

Nah, kali ini saya akan menjelaskan solusi atas "Penyebab dan Trik Mengatasi Komputer Tiba Tiba Mati Sendiri". Langsung saja saya akan rangkum dibawah ini :
  1. Komputer terlalu Panas atau Overheat, sebuah komputer dapat mematikan dirinya sendiri tanpa peringatan jika telah melebih panas maksimal yang disyaratkan (terutama, Processor). Banyak komputer yang saat ini dirancang untuk mematikan atau me-reboot secara otomatis jika komputer, prosesor, atau perangkat lain nya terlalu panas. Jika anda telah mendengar ada suara-suara yang tidak normal dari komputer anda seperti mendenging tinggi, ini bisa menunjukkan kegagalan dalam komputer anda tersebut.
  2. Masalah kesalahan/kerusakan hardware, setiap kegagalan komponen perangkat keras komputer dapat menyebabkan komputer secara tak terduga mati tanpa peringatan. Jika anda baru menambahkan perangkat keras baru, pastikan itu tidak menyebabkan masalah-masalah bagi komputer anda. Sebelum mencoba untuk membuka perangkat keras, pastikan anda tidak mengalami masalah karena konflik hardware dengan cara melihat Device Manager untuk mengecek kesalahan. Jika masalah muncul ketika anda baru saja memasang hardware baru ke dalam komputer, maka bisa dipastikan perangkat baru inilah penyebabnya.
  3. Virus komputer, mungkin komputer anda terinfeksi virus yang dirancang untuk mematikan komputer Anda. Jika komputer mati sendiri ketika menjalankan program tertentu pada waktu tertentu, misalnya komputer hanya langsung mati jika anda menjalankan Microsoft Word, kemungkinan bahwa program tersebut terserang dan terinfeksi virus. Jika seperti itu, maka anda wajib melakukan scan dengan Anti Virus.
  4. Masalah pada sistem operasi Windows, jika komputer anda masih terus mati sendiri, kemungkinan anda mengalami masalah pada sistem operasi Windows tersebut. Untuk membantu memastikannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut : 1.) Reboot komputer dan masuk CMOS dan pilih Setup sebagai Computer Boot. 2.) Setelah anda membuka komputer di CMOS Setup, biarkan Komputer beberapa saat. 3.) Jika Komputer tidak mati dalam beberapa waktu artinya dia bisa bertahan jalan pada BIOS. Maka kemungkinan penyebabnya adalah Windows anda tersebut, dan anda perlu melakukan Instal Ulang.
  5. Kegagalan lain dari hardware, jika dengan cara di atas dan masih tidak bisa, atau selama Instal Ulang Windows, dan kasus yang sama masih terjadi, sangat mungkin bahwa ada kegagalan hardware lainnya di komputer. Sering kali misalnya RAM, CPU, Motherboard, dan Power Supply.
Nah, sekian yang dapat saya share tentang Penyebab dan Trik Mengatasi Komputer Tiba Tiba Mati Sendiri. Semoga Bermanfaat!

Kami adalah perusahaan yang berpusat di surabaya.dan berkembang di bidang IT khususnya di bidang jasa rental / sewa laptop,komputer,projector,screen,tv plasma/lcd/led dan peralatan elektronik lainnya. Kami siap support anda baik Personal / Perusahaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »