Dampak Negativ Mematikan Komputer Secara Instan

Tampilan Menu Shut down Windows 8

Selamat sore sobat, sekarang saya akan merangkum tentang "Dampak Negativ Mematikan Komputer Secara Instan". Orang yang terburu buru mungkin malas untuk mematikan komputer sesuai prosedur yang benar yaitu melalui shutdown, namun orang itu lebih memilih menekan tombol power langsung di CPU bahkan langsung mencabut kabel power.

Hal itu bukanlah merupakan cara yang benar, jika sudah sering melakukan itu maka anda akan segera mendapati laptop anda terserang penyakit.

Berikut beberapa Dampak Negativ Mematikan Komputer Secara Instan :
  1. Masalah Pada Power Supply Normalnya, pada proses shutdown processor akan memberikan perintah terhadap BIOS untuk menghentikan segala aktifitas hardware, terutama power supply sehingga daya yang dipakai bisa diputus secara normal. Namun berbeda halnya jika kamu mematikan paksa komputer kamu (alias tidak melalui proses shutdown normal), arus akan terputus secara mendadak dan kemungkinan besar akan menibulkan masalah.
  2. Memicu Kerusakan Pada Processor Ketika komputer dimatikan, beban kerja heatsink lebih tinggi dari biasanya untuk mendinginkan processor. Jika mematikan komputer secara paksa, proses pendinginan terhadap processor pun tidak akan optimal. Dan bukan tidak mungkin hal ini akan mengakibatkan kerusakan serius pada processor.
  3. Memory RAM Juga Akan Rusak Saat komputer dimatikan dengan proses shutdown, System Memory harus dikosongkan, sehingga memory bisa dalam keadaan yang benar-benar fresh ketika dipakai nantinya. Namun pengosongan memory itu tidak akan terjadi jika kamu mematikannya secara paksa. Karena biasanya ketika kamu mematikan secara paksa, masih banyak program yang berjalan dan itu melibatkan memory.
  4. Paling Sering Terjadi, Hardisk Akan Bad Sector Pada proses shutdown yang normal, komputer akan menyimpan semua aktivitas yang ada pada hardisk. Namun, jika kamu mematikan paksa komputer, akan sangat membahayakan umur hardisk kamu. Kenapa? Coba kamu banyangkan, ketika hardisk sedang melakukan proses dan tiba-tiba kamu matikan komputer secara paksa, yang tadinya piringan pada hardisk masih berputar kencang tiba-tiba berhenti mendadak. Inilah yang berbahaya, karena bukan tidak mungkin hardisk menjadi lebih cepat bad sector.
  5. Registry Menjadi Berantakan Normalnya ketika kamu melakukan shutdown terhadap komputer, komputer akan meregistrasi ulang komponen yang digunakan dan software serta data yang dipakai. Jika tidak, maka semuanya tidak akan bisa tersimpan di registry.

Itulah beberapa Dampak Negativ Mematikan Komputer Secara Instan. Sekian dan Semoga Bermanfaat!

Kami adalah perusahaan yang berpusat di surabaya.dan berkembang di bidang IT khususnya di bidang jasa rental / sewa laptop,komputer,projector,screen,tv plasma/lcd/led dan peralatan elektronik lainnya. Kami siap support anda baik Personal / Perusahaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »