Berikut Penyebab Mengapa Internet Menjadi Sangat Lamban

Internet lambat adalah hal yang menjengkelkan setelah mengalami Crash Browser. Untuk mengetahui penyebab browser crash, silakan baca Penyebab Crash Firefox dan Solusinya. Masalah tentang loading lambat atau lemot pada koneksi internet anda, bisa jadi diakibatkan oleh penyebab dari Borwser Crash atau fakta yang seperti di bawah ini.
Beberapa peninjauan sekaligus atas pengalaman yang saya alami, berikut beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan koneksi internet anda menjadi lambat. (sebagai catatan, ini bekerja ketika koneksi internet lancar/normal).
  • Kekuatan sinyal dari provider. Semakin jauh BTS dari lokasi Anda, maka kecepatan koneksi internetnya juga semakin buruk.
  • Biasanya pengguna paling sering menggunakan internet pada saat sore hingga malam hari. Banyaknya jumlah pengguna yang menggunakan akses internet pada saat yang bersamaan juga mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Maka dari itu, hindarilah menggunakan akses internet pada saat jam-jam trafik (padat).
  • Tentunya setiap browsing di internet, browser akan menyimpan cache, cookies dan history mengenai laman website yang dikunjungi. Nah, setiap minimal sebulan sekali, usahakan untuk menghapus/ membersihkan ketiganya.
  • Mungkin, karena ingin browser Anda terlihat style, Anda menambahkan berbagai macam Add Ons maupun Plugin. Perlu Anda ketahui, banyaknya Add Ons ataupun Plugin di dalam browser Anda malah menyebabkan software menjadi rawan crash.
  • Setting dan konfigurasi modem yang mungkin belum sesuai dengan standar provider.
  • Terlalu lamanya pemakaian, tentu akan membuat modem menjadi panas. Seperti pada perangkat elektronik lainnya, panas akan membuat kinerja perangkat akan semakin menurun. Namun, hal ini dapat disiasati dengan menggunakan kipas eksternal. Akan tetapi, mematikan dan mendinginkan sekaligus mengistirahatkan modem yang Anda pakai tersebut juga sah-sah saja untuk dilakukan.
  • Koneksi yang putus nyambung mungkin juga menjadi salah satu penyebab mengapa internet Anda menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah ini, coba lakukan PING. Utilitas ini digunakan untuk mengecek koneksi.
Caranya cukup mudah :
Klik Start – Run – Ketik CMD – Enter
Setelah jendela Command Prompt terbuka, cukup ketikkan ping [spasi] alamat website yang ingin diuji koneksinya. Misalnya, Anda ingin menguji koneksi Google. Maka cukup ketik : ping [spasi] www.google.com
Perhatikan pada bagian ‘time’. Apabila masih di bawah 1000ms berarti koneksi masih lancar.
Sekian yang bisa saya sharing. Semoga Bermanfaat untuk kalian (y)

Kami adalah perusahaan yang berpusat di surabaya.dan berkembang di bidang IT khususnya di bidang jasa rental / sewa laptop,komputer,projector,screen,tv plasma/lcd/led dan peralatan elektronik lainnya. Kami siap support anda baik Personal / Perusahaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »